OJEK ANOATRANS

OJEK ANOATRANS
OJEK DAN TAKSI ONLINE

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Perawatan Mobil

Melakukan perawatan mobil bisa dilakukan sendiri atau di bengkel service mobil . Mobilmu mogok?rusak?mager ke bengkel Silahkan Kontak/Hubungi kami saja Mitra Mulya Sejati 08113465899 / 081293353358. Jl. Raya Kendangsari No.28, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

Mau tahu apa aja yang harus diketahui dan diperhatikan tentang perawatan mobil? Nih

1. Cuci kendaraan di car wash memang praktis

Saat ini, tempat pencucian kendaraan sudah ada di mana-mana. Bahkan, untuk mobil sudah ada yang otomatis. Kamu nggak perlu keluar mobil dan dalam 15 menit, mobilmu sudah bersih dari kotoran dan debu. Kurang praktis apa lagi, ‘kan?

2. Pastikan lampu sen dan indikatormu berfungsi dengan baik.

Jika tidak, kasihan orang yang berkendara di dekatmu . Coba deh kalau nggak ada lampu, kamu pasti akan sulit berkendara di malam hari. Selain itu, lampu lain yang nggak kalah penting adalah lampu sen dan lampu indikator yang ada di dekat setirmu. Lampu sen itu penting untuk selalu diperiksa supaya nantinya di jalanan kamu nggak menyusahkan pengendara lain saat akan berbelok. Begitu juga dengan lampu indikator, harus selalu berfungsi dengan baik supaya bisa memperlihatkan indikator bensin, aki, atau kadar panasnya mesin.

3. Kalau nggak ada ban, mobilmu mana bisa jalan. Selalu bersihkan brake dust dan cek tekanan bannya secara rutin

Bagi yang belum tahu, brake dust adalah debu yang berasal dari sisa-sisa pengereman. Biasanya, brake dust ada di sela-sela velg ban mobilmu, bercampur dengan kotoran lain seperti tanah dan juga pasir. Jika dibiarkan mengendap, brake dust dan kotoran dapat membuat velg ban menjadi panas, lembab, dan kemudian gosong seperti terpanggang. Untuk itu, brake dust ini perlu dibersihkan dari velg ban mobil, setidaknya setiap kali mobilmu dicuci bagian ini jangan sampai luput.
Nggak hanya membersihkan brake dust saja, tekanan udara di dalam ban mobilmu juga harus dicek secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Ini bertujuan supaya keadaan ban selalu solid dan nggak membahayakanmu di jalan nantinya.

4. Air dalam radiator memiliki peranan penting untuk membuat mesin tetap sejuk. Periksalah selalu jumlah air dalam radiatormu sebelum berpergian

Sudah tahu ‘kan kalau radiator itu perlu diisi dengan air? Nah, fungsi dari air ini adalah untuk membantu menjaga mesin supaya tetap sejuk dan bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu memeriksa kondisi air di dalam radiator sebelum berpergian. Kalau jumlahnya sudah menipis, tambahkan saja airnya. Dengan begitu, mesinmu nggak akan overheat, mogok, dan akhirnya memunculkan asap deh.

5. Mesin mobilmu perlu pelumas supaya bisa bekerja dengan baik. Gantilah oli setiap 10.000 km, supaya tidak merusak dan mengganggu kerja mesin

Supaya bisa bekerja dengan halus dan maksimal, mesin mobilmu memerlukan oli untuk melapisi setiap elemennya. Nah, oli ini nggak bisa dipakai selamanya, perlu diganti secara berkala untuk menjaga performa mesin mobilmu.
Cara mengetahui kapan oli harus diganti cukup mudah, kok. Pertama, lihat warna oli mobilmu; kalau sudah hitam, WAJIB untuk segera diganti. Kedua, periksa stik pada tempat oli mobilmu; kalau tandanya sudah mendekati LOW, kamu perlu untuk menggantinya sesegera mungkin. Cara terakhir adalah melihat jarak yang sudah kamu tempuh. Kalau sudah mendekati angka 10.000 km, oli mobilmu harus segera diganti dengan yang baru.

6. Jangan bersihkan saringan karburator dengan hair dryer. Lebih baik pakai kuas atau sikat gigi.

Mau berangkat kerja, duhhhh mobilnya nggak bisa di-starter. Tenang, jangan panik dulu. Mobilmu belum tentu rusak, mungkin hanya saringan karburatornya saja yang agak sedikit kotor.
Kalau keadaan seperti ini, segera buka kap mesin dan cek karburator mesinnya. Cabut saringan karburator, lalu bersihkan kotorannya menggunakan kuas atau sikat gigi. Memang sih menggunakan hair dryer bisa mempercepat luluhnya kotoran, tapi panas yang ditimbulkan bisa merusak dinding saringan tersebut. Jadi, jangan digunakan, ya.

7. Dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan nggak boleh “turun” dari mobilmu. Kamu nggak akan tahu kapan ban mobilmu akan kempes atau bocor

Ada 3 barang yang nggak boleh “turun” dari mobilmu, yaitu dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan atau ban serep. Ketiga barang ini harus tetap ada untuk jaga-jaga apabila di perjalanan nanti ban mobilmu kempes atau bocor, kamu nggak lagi kebingungan dan bisa menggantinya sendiri.

8. Jangan takut mendorong atau menderek mobil matic yang mogok.

Yang penting, pastikan transmisi pada posisi N dan jarak dorongnya maksimal 15 km .Banyak yang bilang mobil matic itu nggak boleh didorong atau diderek, soalnya bisa merusak sistem transmisi. Tapi menurut situs Auto2000, sebenarnya mobil matic itu boleh-boleh saja didorong atau diderek, asalkan hanya untuk membawanya ke tepi atau maksimal jarak 15 km. Selain itu, persneling atau gigi harus berada pada posisi N supaya tidak merusak transmisi.

9. Lakukan servis secara rutin untuk mobilmu, setidaknya setiap 3 bulan sekali. Apalagi kalau mau berpergian jauh

Servis mobil nggak harus selalu saat ada yang rusak atau mencapai jarak tempuh 10.000 km saja!!! Sebisa mungkin, lakukanlah servis secara rutin setiap 3 bulan sekali di bengkel. Periksa secara keseluruhan dari mulai mesin, oli, freon AC, hingga keadaan ban mobilmu. Ini penting supaya mobilmu selalu berada dalam keadaan yang baik dan kalau ada masalah bisa cepat terdeteksi. Servis mobil juga wajib dilakukan saat kamu akan berpergian dalam jarak yang cukup jauh. Semuanya demi kelancaran perjalananmu nanti.


SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT!!!!!!!!!

About Ali M

ALFATH MULIA Jl. Kertajaya XIIA No. 19 - Surabaya
Contact Person
0818585335 or 081293353358
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Use Facebook Account

Use Other Accounts