Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Berbagai Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Keuntungan Memperbaikinya di Bengkel Mobil Surabaya



Berbagai Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Keuntungan Memperbaikinya di Bengkel Mobil Surabaya. AC mobil adalah komponen dalam mobil yang fungsi utamanya adalah untuk mendinginkan dan menyejukkan udara yang ada dalam kabin mobil. Berfungsinya AC ini tentunya akan menjadi poin penting kenyamanan pengendara. Sebab fungsi ini bukan hanya dimanfaatkan ketika cuaca panas saja, tapi juga berfungsi dengan baik ketika musim hujan. Yakni untuk menghindari kaca mobil bagian depan berkabut yang sering kali menghalau dan menyulitkan pengendara kendaraan roda empat ini.

Untuk menghasilkan udara yang sejuk, umumnya AC melalui dengan empat langkah operasi yakni kompresi, kondensasi, ekspansi dan eksporasi. Keberadaan air compressor ini dalam mobil akan dapat mengontrol temperatur dan suhu dalam mobil, mengatur sirkulasi udara, mengontrol kelembaban dan memurnikan udara. Oleh karenanya, adanya AC dalam mobil bukan hanya  dapat menambah kenyamanan bagi pengendara, namun dapat menciptakan udara yang sehat dan bersih.

Penyebab AC Mobil Tidak DIngin

Kegunaan AC tersebut bisa didapatkan jika AC dapat bekerja secara maksimal. Sementara itu, seringkali dalam keadaan tertentu AC tidak dapat menghasikan udara yang sejuk. Kondisi yang demikian itu tentunya bukan tanpa sebab. Oleh karenanya, sebelum mengupayakan perbaikan di bengkel mobil Surabaya, lebih dahulu kenalilah beberapa penyebab umum AC mobil tidak dingin berikut ini.

Tanda freon mulai habis
Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah tanda bahwa freonnya mulai habis. Hal ini karena gas atau zat cair yang digunakan untuk pendingin ruangan ini akan habis setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kebisaan suka menurunkan kaca jendela dalam keadaan AC menyala juga dapat menyebabkan AC cepat habis. Selain habis setelah digunakan dalam waktu yang lama, bisa juga freon habis yang disebabkan karena terjadinya kebocoran pada sambungan pipa AC-nya.

Coil yang rusak atau terputus
Penyebab AC tidak dingin berikutnya adalah terputusnya coil. Ini perlu diantisipasi karena tidak jarang spul magnetic clucth putus maupun rusak. Kedua kondisi ini memang biasanya menjadi sebab AC tidak lagi dingin. Untuk memeriksa kondisi coil ini, dapat dilakukan dengan melihat putaran kompresor AC ketika mesin dinyalakan. Ya, jika kompresor AC tidak menyala ketika mesin hidup maka hal tersebut adalah indikasi kerusakan atau putusnya coil. Jika sudah demikian, maka mengonsultasikan perbaikan di bengkel mobil Surabaya adalah langkah yang terbaik untuk memperoleh kenyamanan penggunaan AC dalam mobil.

Cooling fan yang bermasalah
Masalah lain yang menyebabkan AC tidak dingin adalah matinya cooling fan motor. Kondisi komponen ini jika hidup namun dengan putaran yang lemah pun juga dapat menjadi sebab AC tidak dingin. Ini dikarenakan kondisi tersebut menjadi sebab kondesor tidak mampu membuang panas dan berakibat pada ketidakmampuan AC menghasilkan hawa sejuk secara maksimal.

Overheat pada sistem AC
Masalah lain yang menyebabkan AC tidak dingin adalah terjadinya overheat pada sistem AC, kondisi ini dapat terjadi apabila tekanan yang ada dalam AC terlalu besar. Meski tidak selalu begitu, tekanan yang besar pada AC tersebut berpotensi menjadi penyebab putusnya aliran listrik menuju field coil yang berakibat pada kerja body compresor tidak maksimal. Nah, jika gejala ini sudah Anda rasakan, supaya tidak menjadi semakin buruk masalah ini dapat Anda perbaiki di bengkel mobil Surabaya kepercayaan Anda.

Evaporator kotor
Masalah lain yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah kotornya evaporator. Debu yang biasanya menempel pada permukaan alat yang berfungsi sebagai penguap cairan ini lama kelamaan akan menyumbat dan dapat menyebabkan terputusnya aliran udara. Sumbatan inilah yang kemudian berakibat pada tidak bisanya AC menghasilkan udara yang kencang dan sejuk. Sementara untuk mengatasi ini, Anda harus membersihkan sumber masalahnya yakni kotoran-kotoran yang ada di evaporator.

Kompresor AC yang aus
Penyebab AC tidak dingin berikutnya adalah ausnya kompresor AC. Masalah ini biasanya muncul karena lamanya masa penggunaan AC. Sementara seharusnya, lamanya penggunaan AC memang seharusnya diimbangi dengan servis, perawatan, pembersihan, dan kontrol dari bengkel mobil Surabaya. Sebab secara alamiah, lama kelamaan AC juga dapat terkikis atau aus. Inilah yang kemudian membuat air compressor tidak bekerja secara maksimal dan disertai bunyi yang berisik.

Ada banyak hal yang menunjukkan bahwa AC mengalami aus, di antaranya ialah jika katup receiver dryer dan katup ekspansinya tersumbat. Selain itu, dapat pula ditandai dengan menghitamnya sign glass. Jika sudah demikian, maka yang perlu dilakukan adalah segera memperbaikinya atau jika sudah dalam kondisi parah, dapat dilakukan penggantian pada komponen yang terkikis atau mengalami aus tersebut.

Saluran pembuangan tersendat
Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kemungkinan tersendatnya saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran ini dapat terjadi karena kotoran-kotoran yang menempel dan menjadi kerak pada bagian tersebut. Masalah air compressor ini biasanya ditandai dengan adanya air yang menetes di bawah dashboard. Selain itu, tidak lancarnya saluran pembuangan ini dapat dilihat dengan adanya air kondensasi yang memenuhi evaporator. Permasalahan dengan saluran pembuangan ini akan dapat ditangani dengan baik oleh teknisi andal di bengkel mobil Surabaya.

Tingginya temperatur mesin
Selain tekanan yang tinggi pada mesin yang menyebabkan tidak dinginnya udara yang dihasilkan AC, overheating juga dapat disebabkan karena tingginya temperatur pada mesin. Kondisi inilah yang menyebabkan AC tidak dapat bekerja secara maksimal.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa penyebab ketidakmampuan AC menghasilkan udara yang dingin dan sejuk. Sementara itu, sebagai penangan yang tepat, memilih bengkel mobil Surabaya yang terpercaya merupakan upaya yang tepat. Hal ini karena mempercayakan masalah dengan AC mobil maupun masalah dengan mobil lainnya pada jasa servis yang tidak bertanggungjawab justru berpotensi dapat menjadi sebab kerusakan yang lebih parah.



Apabila kalian ada masalah pada mobil, dan sedang mencari bengkel yang terpercaya kamilah solusinya. segera hubungi kami dimanapun anda berada. tinggal hubungi nomor di bawah atau datang langsung ke bengkel kami yang berada di Jl. Raya Kendangsari No.28, Tenggilis Mejoyo, Surabaya
CP. 08113465899

About Ali M

ALFATH MULIA Jl. Kertajaya XIIA No. 19 - Surabaya
Contact Person
0818585335 or 081293353358
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Use Facebook Account

Use Other Accounts